fbpx

6 Tips Berpromosi Menggunakan Facebook Page

Page on Facebook atau dikenal sebagai Halaman Penggemar, merupakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk bisnis, Anda yang ingin memaksimalkan Facebook sebagai sarana promosi Produk/Jasa Anda sangat disarankan untuk menggunakan Halaman Penggemar ini, karena dengan segala kelebihan yang dimiliki sebetulnya Halaman Penggemar sanggup mendongkrak pendapatan bagi bisnis Anda.

Pertanyaannya bagaimana cara Anda memaksimalkanĀ Halaman Penggemar ini agarĀ  memiliki daya saing dan sanggup menarik calon konsumen (yaitu pengguna Facebook) untuk menjadi pelanggan Anda. Berikut beberapa tips berpromosi menggunakan halaman penggemar Facebook (Page on Facebook)

1. Cantumkan data Anda dengan benar di bagian Tentang (About)

Dengan mencantumkan data bisnis Anda dengan lengkap dan detail pada bagian Deskripsi Panjang (Long Description) akan memudahkan calon konsumen mengetahui produk/jasa apa yang Anda tawarkan, termasuk data - data seperti no. telepon yang bisa dihubungi, alamat website (jika ada). Dengan penjelasan yang detail dan lengkap, maka Anda memperbesar kemungkin calon konsumen (yang tidak mengenal Anda) berminat menghubungi Anda.

2. Berbagilah konten yang bermanfaat bagi calon konsumen Anda.

Lakukanlah update status yang memberikan manfaat bagi penggemar Anda, misalnya Anda dapat membagikan tips atau artikel yang relevan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan (ambil saja alamat url dari website lain) atau Anda dapat berbagi status yang bisa menambah wawasan bagi calon konsumen Anda. Jika konten yang Anda bagikan bermanfaat bagi mereka, maka bisa jadi mereka turut men-share ke teman - teman mereka, bisa juga mereka me-like status Anda, nah dengan demikian maka konten yang tadi Anda bagikan akan tersebar ke berbagai akun Facebook lainnya.

3. Berbagi konten visual (foto atau gambar)

Bahasa gambar merupakan bahasa paling mudah, dan kebanyakan dari kita lebih cepat menangkap gambar dari pada teks. Berbagi konten - konten visual yang menarik, unik, dan bermanfaat bagi orang lain akan meningkatkan jumlah kunjungan ke halaman bisnis Anda, dan jika konten Anda benar - benar menarik maka orang lain tidak ada segan membaginya ke teman - temannya.

4. Komunikasi 2 arah

Membuat status yang dapat dijadikan bahan perbincangan 2 arah antara Anda dan calon konsumen, hal ini akan menarik pehatian akun - akun personal lainnya di facebook yang sebelumnya cuma memperhatikan saja menjadi ingin ikut pada perbincangan yang Anda buat.

Menjawab keluhan atau pertanyaan dari calon konsumen Anda juga merupakan bentuk komunikasi 2 arah, disini calon konsumen akan merasa bahwa dia mendapatkan perhatian dari Anda sebagai pengelola halaman bisnis.

5. Ajukan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan - pertanyaan yang terkait dengan bisnis Anda dapat membantu promosi produk/jasa Anda, karena selain akan terjadi komunikasi 2 arah juga membuat halaman bisnis Anda menjadi terlihat aktif. Sebaiknya tidak perlu membuat pertanyaan yang menyimpang terlalu jauh dari topik bisnis Anda, karena selain tidak bermanfaat juga akan membuat calon konsumen menjadi bias dengan tujuan Anda. Contohnya Anda berjualan permen cokelat, ngga nyambung donk kalo mendadak Anda mengajukan pertanyaan mengenai siapa presiden pilihan Anda ? tetapi masih relevan jika dihubungkan dengan pertanyaan seputar kesehatan yang terkait dengan cokelat, atau pertanyaan seputar makanan dan minuman yang berbahan cokelat.

6. Promosikan Halaman Penggemar Anda

Rajinlah menyebarluaskan halaman penggemar (Facebook Page) bisnis Anda, dimulai dari tulislah alamat URL Link-nya di setiap Anda mengirim email bisnis, tulis juga di kartu nama Anda, tampilkan di website Anda, atau promosikan halaman bisnis Anda di dalam grup - grup komunitas yang Anda ikuti di Facebook.