fbpx
Proses Registrasi Aplikasi KAI Access

Aplikasi Pesan Tiket Kereta Api - KAI Access

KAI Access merupakan aplikasi dari PT Kereta Api Indonesia yang diluncurkan tanggal 26 Juli 2013, tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, Blackberry OS. Apa itu KAI Access ? saya akan ceritakan yang versi Android saja (karena punyanya cuma hape android hehe)

KAI Access ini bertujuan untuk memudahkan Anda yang suka berpergian menggunakan Kereta Api tapi pengen cepet dan mudah pesen tiket tanpa perlu ribet ke stasiun buat antri di loket tiket yang sering kali mengular panjang. Baru saya buatin review-nya sekarang setelah nyerah bertahan ngantri di loket stasiun .. hehe

Yang pertama perlu Anda lakukan adalah meng-install aplikasi ini di hape Android, setelah selesai proses instalasinya, Anda diwajibkan mengisi formulir registrasi terlebih dahulu sebelum bisa melakukan Login (Gambar 1), Klik saja menu Registrasi, setelah selesai Anda isi semuanya baru deh tekan tombol Sign Up (Gambar 2). Selanjutnya nanti Anda akan mendapatkan SMS Kode Aktivasi yang harus Anda masukan sebagai verifikasi data.

Proses Registrasi Aplikasi KAI Access

Ada banyak menu yang ditampilkan pada aplikasi KAI Access yaitu Profil, Berita, Pesan Tiket, Jadwal, Cek Booking, Riwayat, Peta Lokasi, Tentang (Gambar 3).

Saya akan langsung bahas ke menu paling penting yaitu Pesan Tiket (Booking Ticket), Klik langsung menunya, Anda akan diajak masuk ke halaman dengan tampilan seperti gambar no.4, Anda dapat memilih pilihan perjalanan Anda, memilih Stasiun Awal, Stasiun Tujuan, Tanggal Berangkat, Kelas, Jumlah Penumpang Dewasa, Bayi , kemudian klik Cari/Search

Halaman Menu Utama dan Pesan Tiket Online Kereta Api

Saya mengambil contoh dengan mencari Tiket Kereta Api dari Semarang ke Purwokerto, hasilnya adalah KA. Kamandaka dengan informasi yang lengkap mengenai jam berangkat, jam tiba, ketersediaan tiket/kursi, kelas penumpang, dan harga tiket untuk dewasa dan bayi (Gambar 5).

Kemudian anggap saja saya melakukan pemesanan tiket untuk harga Rp. 90 ribu, lalu saya klik tombol Pesan/Reserve, akan tampil halaman Informasi Detail dimana saya wajib mencentang kotak kosong mengenai "Dengan ini saya setuju ..." setelah itu klik kembali tombol Pesan/Reserve (Gambar 6).

Tampilan Jadwal Perjalanan Kereta Api Indonesia

Kemudian akan tampil halaman konfirmasi pemesanan tiket kereta api Anda (Gambar 7) yang menjelaskan detail perjalanan Anda dan total biaya tiket yang harus Anda bayar, kemudian tekan tombol Pesan/Reserve

Selanjutnya akan tampil halaman Data Penumpang, Anda dapat menambahkan hingga total pemesanan tiket untuk 4 orang, cara menambahkan data penumpang dengan meng-klik tombol kotak putih disisi kanan atas (Gambar 8). kemudian tekan tombol Pesan/Reserve

Halaman Konfirmasi Pesanan Tiket Online Kereta Api - KAI Access

Langkah selanjutnya akan tampil halaman informasi pemesanan Anda dilengkapi dengan data kereta api dan biaya tiket serta nama penumpang. Anda dapat menentukan sendiri kursi tempat duduk dengan meng-klik tombol Pilih Kursi (Gambar 9).

Pada keterangan awal nomor kursi saya adalah 1A, kemudian saya memilih untuk mencari kursi pilihan saya (klik tombol Pilih Kursi) akan tampil kursi nomor 1A berwarna orange (pilihan awal) yang kemudian saya klik untuk melepas pilihan 1A (berubah jadi warna abu-abu), lalu saya memilih kursi nomor 3E, lanjut klik tombol Simpan (Gambar 10). lalu klik Next/Pembayaran.

Memilih Nomor Kursi Tempat Duduk Kereta Api

Pada halaman Metode Pembayaran Anda dapat memilih dari 3 opsi yang diberikan, yaitu : Klikpay BCA, Visa/Master/JCB, dan ATM/Payment Point (Gambar 11), kemudian klik Bayar dan sampailah Anda di langkah terakhir yaitu membaca Selamat, Pemesanan Berhasil !, Selanjutnya Anda tinggal melakukan pembayaran dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diberikan.

PIlihan Cara Pembayaran Booking Tiket Kereta Api

Yang perlu Anda perhatikan :
- Pembayaran di channel yang telah disediakan.
- Setelah tiket terbayarkan, dengan menunjukan bukti lunas di menu kode booking dan anda bisa mendapatkan tiket. Dan kini bahkan anda bisa cetak tiket sendiri melalui Booth CTM (Cetak Tiket Mandiri) yang terdapat di stasiun.
- Maximal pemesanan sampai 3 bulan.
- Minimal pemesanan sampai 10 jam sebelum kereta berangkat.
- Jumlah pemesanan bisa sampai 4 Penumpang. Penumpang dapat disimpan pada device untuk mempermudah pemesanan berikutnya
- Integrasi dengan calendar device, sehingga mengingatkan calon penumpang kapan akan berangkat.
- Dapat memilih tempat duduk sendiri.
- Dapat melihat history pemesanan sebelumnya.
- Memiliki Maps yang dapat menunjukan stasiun terdekat.

layanan yang diberikan antara lain :
- KA Eksekutif
- KA Bisnis
- KA Ekonomi

Anda juga dapat melihat riwayat pembelian tiket kereta api (History) dan mengakses berita terbaru seputar PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui menu Riwayat dan menu Berita, dan jika Anda membutuhkan informasi stasiun terdekat dengan Anda cukup dengan mengaktifkan GPS dan membuka menu Peta Lokasi.

Kode Booking - Berita Terbaru PT Kereta Api Indonesia

Selamat menggunakan Aplikasi KAI Access yang buat saya sangat membantu dalam mengecek jadwal perjalanan kereta api kapanpun dimanapun, sekaligus bisa langsung pesen tiket kereta api secara online, tanpa perlu ribet ke stasiun buat ngantri di loket pembelian yang per 1 Juli 2015 nanti akan merubah jadwal buka/tutup loket.

Cara membayar pesanan tiket kereta api melalui ATM BCA.
> Masukkan kartu ATM dan PIN
> Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA
> Pilih menu PEMBAYARAN
> Pilih menu LAIN – LAIN (Jika menu lain-lain tidak muncul, tekan berikutnya)
> Masukkan kode perusahaan PT.KAI yaitu : 711711, tekan BENAR
> Masukkan 14 angka kode pembayaran ketika reservasi. (dari contoh saya diatas : 9999615751303)
> Cek informasi yang tampil pada layar, jika data yang muncul sudah betul, tekan BENAR
> Transaksi selesai. Simpan bukti pembayaran dan email konfirmasi pembayaran akan dikirim ke email pemesan.