fbpx

Cara Memperbaiki LCD Retak di Smartphone Android

Cara Memperbaiki LCD Retak di Smartphone Android

Buat kamu sedang memiliki masalah paling menyakitkan di dunia ini yaitu layar hape kamu retak atau hancur gara - gara terjatuh atau terbentur sesuatu atau dibanting pacar abis berantem. Maka kamu butuh solusi terbaik untuk memperbaiki layar retak di smartphone kamu.

Ada 3 solusinya biar layar lcd smartphone kamu kembali berfungsi :

1. Beli Smarthone Baru.
Yup ini solusi terbaik, sekaligus solusi dengan biaya mahal, karena kamu perlu mengeluarkan budget tambahan demi menebus smartphone baru di toko online (marketplace) kesayangan kamu, misalnya di Bukalapak atau di Blibli

Karena kalau hape kamu udah terlalu jadul (jaman sekarang punya hape umur udah 3 tahun rasanya udah ketinggalan jaman) dan udah gak masuk akal buat dibetulin jika mengalami kerusakan parah seperti layar lcd retak dan pecah.

Kelebihan :
> Smartphone baru, dengan teknologi yang lebih baik.
> Banyak pilihan.

Kekurangan :
> Buat yang budget pas-pasan ini jelas opsi yang berat dilakukan.

2. Perbaiki, ganti layar lcd versi KW.
Ini opsi bila hape kamu masi perlu dipertahankan, mungkin karena ada kenangan mantan disitu, atau karena masih bisa dipakai, setidaknya memperpanjang nafas sesaat biar gak langsung ngeluarin duit banyak, karena ujungnya tetap opsi pertama suatu saat akan dilakukan.

Kelebihan :
> Biaya murah sekitar 250-500ribu tergantung jenis hapenya.
> Pengerjaan cepat, bisa ditunggu.
> Hape bisa kembali digunakan tanpa perlu lagi memandang retak2 kaca (bisa jadi mengingatkan kamu ke hati yang hancur karena mantan)

Kekurangan :
> Tidak sebagus aslinya, warna, kontras, brightness, sensitifitas, bisa berbeda dengan aslinya.
> Ketahanan dan kekuatan tidak terjamin.
> Tanpa garansi, artinya kalau kamu sedang tidak beruntung, bisa jadi dalam hitungan hari layar lcd sudah rusak.

3. Perbaiki, ke Service Center Resmi.
Nah ini paling oke diantara keterbatasan budget beli smartphone baru, atau dapat layar lcd dengan kualitas KW. Disini kamu bakal dapetin layar lcd pengganti yang kualitasnya sama dengan lcd kamu sebelumnya.

Kelebihan :
> Kualitas LCD sama bagusnya dengan yang sebelumnya, spare part asli.
> Sehingga fungsi seperti kecerahan layar, warna, kontras, sensitifitas sentuh tetap terjaga.
> Kekuatan dan ketahanan layar lcd tetap sama.
> Pengerjaan lebih rapi, tidak nampak abis dibongkar.

Kekurangan :
> Biaya pasti lebih mahal 2-3x dari LCD KW.
> Biasanya butuh waktu pengerjaan 1-2 hari.

Kesimpulannya :

Mengganti layar lcd yang retak atau hancur sangat tidak disarankan dengan mengganti versi KW, karena uang yang dikeluarkan walaupun terlihat lebih murah atau nilainya kecil, tetapi itu untung-untungan (alias kamu berjudi) bisa jadi dapat layar LCD KW yang lumayan bertahan lama, dan memberi kamu waktu menambung untuk membeli smartphone android baru. (jangan berekspektasi layar LCD KW berkualitas bagus, kamu dipastikan downgrade)

Lebih baik mengganti dengan sparepart original di service center resminya yang memang lebih mahal, tetapi kualitas pasti sama.