fbpx

Dampak Facebook Graph Search Terhadap Akun Pribadi Anda

15 Januari 2013 yang lalu Facebook akhirnya mengenalkan "Facebook Graph Search" sebuah teknologi pencarian yang cara kerjanya kurang lebih sama seperti fitur mesin pencari ala Google dimana fitur ini mengijinkan penggunanya mencari dan menemukan konten berdasarkan kriteria yang mereka tentukan. Dari beberapa artikel yang saya baca di mashable.com, fitur ini hadir tidak lepas dari kurang maksimalnya Google memberikan hasil pencarian dari Facebook sendiri, sehingga Facebook membangun sendiri mesin pencari untuk memudahkan pengguna mencari segala sesuatu di Facebook.

Seperti yang selama ini sudah diketahui, bahwa tidak ada satupun website maupun sosial media lainnya yang mengetahui banyak hal mengenai Anda selain Facebook, hampir semua pengguna FB men-share segala sesuatunya melalui FB, lalu apa dampaknya terhadap Akun Pribadi Anda ? berikut penjelasan yang dapat membantu Anda sedikit memahami mengenai Facebook Graph Search.

Privasi Akun Pribadi di Facebook.
Graph Search akan menghargai setting privasi yang Anda lakukan, artinya semua setting privasi pada akun Anda maupun pada foto - foto Anda akan mempengaruhi hasil pencarian, misal Anda meng-upload sebuah foto, lalu melakukan geo-tag (menambahkan lokasi foto) dan di-setting "publik" maka foto Anda dapat ditemukan oleh siapapun, tetapi jika Anda setting "hanya teman", maka hanya teman - teman Anda saja yang dapat melihat foto tersebut.

Facebook dalam rilis resminya menyatakan "It makes finding new things much easier, but you can only see what you could already view elsewhere on Facebook,"

Satu hal penting disini adalah bahwa setiap foto tentang Anda yang di-upload oleh orang lain akan dipengaruhi oleh setting privasi penggugah foto, misalnya teman Anda meng-upload foto Anda di suatu diskotik, kemudian menambahkan lokasi diskotik tersebut menggunakan geo-tag, dan ter-setting "publik" pada privasi milik teman Anda, maka foto tersbut akan dapat ditemukan oleh siapa saja yang mencari foto mengenai diskotik tersebut. Anda dapat melakukan "hapus tanda" atau remove tag atau meminta teman Anda untuk menghapusnya atau mengganti privasi setting.

Jadi bersiaplah untuk mengatur setting privasi pada akun pribadi Anda bila tidak ingin foto Anda tersebar luas dengan cepat dan mudah ditemukan oleh orang lain. Manfaatkan fitur "Tinjau semua kiriman dan hal - hal yang menandai Anda" untuk mengurangi hal yang tidak Anda inginkan.

Lalu apa dampaknya terhadapa Page on Facebook atau bagi Anda yang membuat halaman bisnis untuk merek Anda, ntar deh saya tulisan di artikel tersendiri.