fbpx
fitur-hashtag-di-facebook

Memaksimalkan Fitur Hashtag di Facebook

Setelah sekian lama menjadi rumor mengenai penggunaan hashtag (tanda #) pada setiap status (Posting) di Facebook agar semakin memudahkan mencari sebuah topik dengan cepat melalui Facebok Graph Search akhirnya terealisasi juga pada tanggal 14 Juni yang lalu.

Fungsi hashtag sebenarnya sudah menjadi andalan dari Twitter sejak tahun 2007 (baca juga : Twitter adalah Sosial Media Terbaik), kemudian disusul beberapa situs jejaring sosial seperti Instagram dan Pinterest yang juga memaksimalkan fitur hashtag ini, akibatnya seperti yang sudah diketahui bahwa banyak sekali posting di Facebook yang memiliki tanda hashtag # menjadi mubazir dan tidak bermanfaat sama sekali. Dengan perubahan ini maka Facebook memberi kemudahan bagi seluruh penggunanya untuk menemukan posting - posting terkait dengan hashtag tersebut.

Saya sendiri sudah mencoba memanfaat tanda hashtag #JohanSurya dan beberapa tanda hashtag lainnya sebagai ujicoba dan hasilnya sangat menarik, semua posting dan konten bergambar yang memiliki tanda hashtag #JohanSurya dengan mudah ditemukan oleh Anda semua melalui Facebook Graph Search dan yang menarik adalah tanda hashtag # dapat diklik untuk diketahui posting atau konten apa saja yang mengandung kata tersebut. Jika Anda sudah mengkoneksikan antara akun jejaring sosial yang Anda seperti Twitter, Instagram, Pinterest dengan Facebook, bisa dibayangkan dampak penyebaran konten tersebut di jejaring sosial media.

Nah manfaat dari fitur hashtag ini tentunya juga akan merambah penggunaannya ke para pebisnis online yang memanfaatkan Facebook sebagai sarana pemasaran dan menyebarluaskan info produk/jasa kepada para pelanggannya.

fitur-hashtag-di-facebook

Apakah Anda sudah memaksimalkan fitur hashtag di Facebook ?