fbpx

Membuat Website Menggunakan WordPress

Jika sebelumnya saya pernah menulis artikel Mengapa Menggunakan WordPress Sebagai Website ?, maka kali ini saya menulis artikel pelatihan agar Anda dapat melakukan sendiri membuat website menggunakan WordPress, ada 3 hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Saya akan mencatatkan beberapa hal tersebut dibawah ini.  Silahkan lanjut membacanya 🙂

1. Anda harus sudah punya nama domain dan hosting, jika belum memiliki, maka Anda perlu memilih terlebih dahulu nama domain, seperti misalnya milik saya : johansurya.id, Anda tentukan dulu namadomain Anda, setelah itu barulah mencari penyedia jasa layanan domain dan web hosting yang terbaik untuk website Anda, salah satu provider yang saya rekomendasikan dapat Anda lihat disini.

2. Download dulu Paket Instalasi CMS WordPress-nya, untuk melakukan proses instalasi WordPress sebagai CMS (Content Management System) dari website Anda maka Anda perlu mengunduh WordPress dari situs resminya di wordpress.org, sekarang sudah tersedia versi 3.7.1 sekarang udah versi 4.1

01-halaman-depan-wordpress

3. Unggah File WordPress ke Server Hosting, untuk melakukan langkah ini, Anda membutuhkan software FTP Client. Sekilas cara kerjanya seperti Windows Explorer, FTP Client berfungsi untuk memindahkan file wordpress dari komputer Anda ke server hosting yang telah Anda sewa di langkah no.1 tadi. Ada banyak software FTP Client, tapi saya hanya memilih satu dalam artikel ini yaitu FTP Client dari FileZilla, Anda dapat mengunduhnya dari filezilla-project.org dan kemudian meng-install-nya di komputer Anda.

4. Membuat MySQL Database untuk WordPress, Langkah ini dapat Anda lakukan dengan cara mengakses akun hosting yang sudah Anda sewa di langkah no.1. Caranya mudah koq, Anda login ke kontrol panel hosting, kemudian cari menu MySQL Database, kemudian buat database baru, lanjutkan dengan mengisi Nama Database, Nama User Database, dan Kata Sandi-nya.

5. Baca artikel saya selanjutnya yaa, sampai sini dahulu langkah - langkah membuat website menggunakan WordPress, selanjutnya Anda perlu membaca artikel mengenai Meng-Install file WordPress menggunakan FileZilla.