fbpx

Memutuskan Pertemanan Pada Akun Facebook Perlu Anda Lakukan

Siapa yang menggunakan akun Facebook untuk bisnis ? kalau Anda salah satunya maka membaca tulisan dibawah ini penting untuk Anda. Karena jika Facebook sebagai senjata pemasaran produk Anda, maka daftar teman (Friends List) di Facebook merupakan bagian penting yang perlu Anda perhatikan.

Sudah berapa banyak jumlah teman Anda di akun Facebook milik Anda ? 100 atau 1000 atau 3000 atau mungkin udah FULL (5000), Sudah berapa lama akun Facebook Anda ? 1 bulan atau 6 bulan atau 2 tahun atau mungkin lebih. Jika Anda menggunakan Facebook sebagai sarana berbisnis, jika Anda merasa akun Facebook yang Anda gunakan sudah atau mulai tidak memberikan hasil terhadap bisnis Anda, maka Memutuskan Pertemanan Pada Akun Facebook Perlu Anda Lakukan.

Lohh bukannya harus nambah temen sebanyak - banyaknya biar katanya memperluas jaringan, semakin banyak yang baca, dan biar makin efektif promosinya. Stop ! sampai sini mari kita bedah terlebih dahulu

Ketika Anda menggunakan Facebook buat bisnis, nambah temen, update status, upload foto, dan seabrek kegiatan lainnya, sebetulnya ada 4 jenis akun yang ada di daftar pertemanan Anda.

1. Akun Non Aktif, akun yang sudah di-nonaktif-kan oleh pemiliknya.
2. Akun Aktif tapi mati suri, akun yang masih aktif di facebook, tetapi sudah ditinggalkan oleh pemiliknya, karena dia udah bosan atau berganti akun baru.
3. Akun Aktif - Masih suka update status - tapi tidak kenal dengan pemiliknya, akun yang Anda harapkan membaca status bisnis dari akun Anda.
4. Akun Aktif - Anda mengenalnya, akun yang beneran berteman dengan Anda.

Dari 4 jenis diatas, saya yakin sekali sasarannya ada di akun jenis ke 3 dan 4. Karena tujuan Anda berbisnis dengan menggunakan Facebook, saya yakin Anda pasti add friend siapapun, sehingga akun jenis ke 3 merupakan incaran Anda. Padahal seiring jalannya waktu bisa dipastikan akun jenis 3 ini bakal ada yang menjadi akun jenis 1 dan 2.

Ngga percaya ?

Coba buka daftar pertemanan Anda di Facebook, nanti Anda akan menemukan banyak akun yang sudah di-nonaktif-kan, coba juga pilih beberapa akun (misalnya yang dikasih embel2 FULL), cek timeline-nya, pasti sudah jarang update, dan timeline-nya penuh dengan status sampah.

Apa tipsnya donk ?

Mulailah cek secara berkala daftar teman - teman di Facebook (misal 2 bulan sekali), putus-kan pertemanan Anda dengan jenis akun yang seperti ini :

* akun tanpa foto profil, udah deeeh, akun seperti ini ngga perlu jadi teman Anda.
* akun dengan nama kagak jelas, namanya aja sudah kagak jelas dan ngawur, biasanya tujuannya cuma iseng, tidak ada gunanya Anda berteman dengan akun jenis beginian.
* akun dengan embel2 FULL, akun ini biasanya masih aktif, tetapi sudah ditinggal pemiliknya, karena sudah bikin akun seri II atau mungkin udah seri VII, seperti sinetron bersambung.

Nah dengan mengurangi 3 jenis akun diatas, maka Anda setidaknya sudah membuang akun - akun sampah. Jumlah akun seperti ini banyak looh, dan akan bertambah sejalan dengan semakin banyaknya jumlah teman Anda. Bisa jadi jika Anda punya temen sampai 3000, mungkin 10% - 20% merupakan 3 jenis akun diatas.

Apa manfaatnya ?

Memutuskan pertemanan pada akun Facebook Anda akan memberikan keuntungan bagi Anda seperti :

* sudah jelas buat ke 3 jenis akun diatas sudah tidak ada gunanya buat Anda.
* Anda dapat menambah teman baru yang akun Facebook-nya aktif, siapa tahu jadi pelanggan Anda
* Anda berpeluang bertemu dengan akun bisnis lain, yang mungkin saja dapat bekerjasama dengan Anda.
* ngga perlu repot bikin akun seri ke-2 atau ke-3 karena dijamin dari jumlah maksimal 5000 teman di akun FB, disaat bersamaan banyak juga yang berubah menjadi yang saya sebutkan diatas.

Jadi menambah teman itu perlu dilakukan untuk memperluas jaringan, tapi Menghapus Pertemanan Pada Akun Facebook Perlu Anda Lakukan, memangnya Anda mau tiap hari update status nawarin bisnis Anda, ternyata tidak ada yang membaca karena Anda tertipu oleh akun - akun yang sudah menjadi "sampah" di daftar pertemanan Anda.

Kesimpulannya menggunakan akun Facebook sebagai sarana berbisnis, maka Anda perlu melakukan maintenance (perawatan secara berkala) pada daftar teman - teman di Facebook dan Anda kembali menghidupkan peluang 10% - 20% yang mungkin potensial menjadi calon konsumen Anda.