fbpx
Spam Komentar Link di Wordpress

Menghentikan Spam Trackbacks di WordPress

Apakah Anda sering mendapati komentar - komentar pada website yang kamu bangun menggunakan wordpress, yang jika kamu perhatikan komentar tersebut seolah - olah berulang kali sama dan berisikan link sampah ?

Yup hal tersebut memang jadi masalah pada hampir semua pemilik website. Di artikel ini, saya akan menunjukkan bagaiman cara menghentikan WordPress trackbacks spam.

Apa itu Trackback dan Pingback ?

Trackback memberikan Anda kemampuan untuk berkomunikasi antar website. contohnya :
- Saya menulis artikel ini di website saya.
- Anda membaca artikel saya, dan kemudian melalui salah satu fitur POST yaitu Send Trackbacks, Anda membuat link di artikel Anda menuju artikel milik saya dengan menulis http://johansurya.id/menghentikan-spam-trackbacks-di-wordpress/trackbacks/, pada saat itulah Anda mengirim trackback kepada website saya.
- Saya akan menerima trackback dari Anda, dan saya punya pilihan menampilkan atau tidak dalam bentuk komentar pada artikel saya.

Mengirim Trackback ke Website Orang Lain

Pingback
- Saya menulis artikel ini di website saya.
- Anda membaca artikel saya, dan kemudian Anda membuat link di artikel Anda menuju artikel milik saya, pada saat itulah Anda mengirim pingback kepada website saya.
- Saya akan menerima pingback dari Anda, dan saya punya pilihan menampilkan atau tidak dalam bentuk komentar pada artikel saya.

Pembedanya adalah Trackback dilakukan manual dan Pingback dilakukan secara otomatis, pingback tidak menampilkan konten (tulisan apapun), trackback menampilkan sebagian isi tulisan Anda.

Dari mana sih WordPress Trackback Spam berasal ?

Nah disini biang kerok masalahnya, kemampuan wordpress melakukan trackback dan pingback seringkali dimanfaatkan oleh pihak penyebar spam menggunakan software khusus yang isinya justru mengganggu website wordpress Anda dengan komentar yang isinya link sampah.

Cara menghentikannya adalah dengan melakukan beberapa perubahan setting, langkahnya :

> Masuk ke menu Settings > Discussion
> Hilangkan tanda centang Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) untuk menghentikan website (aplikasi spamming) lain nge-ping maupun memberikan trackback ke website Anda.
> Hilangkan tanda centang Attempt to notify any blogs linked to from the article jika Anda ingin menghentikan website Anda sendiri mengirimkan pingback ke website orang lain.

Spam Komentar Link di WordPress

Perlu dicatat ! bahwa perubahan Discussion Settings yang tadi Anda lakukan hanya efektif pada artikel - artikel yang Anda buat setelah perubahan ini, dan tidak menghentikan pingback/trackback pada artikel - artikel yang sudah Anda buat sebelumnya.

Lalu bagaimana trackback untuk artikel sebelumnya ?

Saya merekomendasikan dengan cara melakukan kode perintah MySQL (jika artikel - artikel yang sudah Anda buat terlalu banyak). Langkahnya :

> Masuk ke phpMyAdmin
> Cari Database dari WordPress Anda
> Klik menu SQL
> Lalu masukkan perintah seperti dibawah ini

Perlu dicatat! Pastikan Anda telah melakukan backup database sebelum menjalankan perintah MySQL

UPDATE wp_posts SET ping_status='closed' WHERE post_status = 'publish' AND post_type = 'post';
UPDATE wp_posts SET ping_status='closed' WHERE post_status = 'publish' AND post_type = 'page';