fbpx

Pilih Mana Web Gratisan Atau Berbayar ?

Potensi website sebagai media paling mudah untuk menyampaikan informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu membuat banyak orang dan banyak jenis usaha berusaha membuat website. Seperti yang sudah jadi rahasia umum bahwa website ada 2 model untuk dapat tampil di Internet, yang pertama Web Gratisan yang kedua Web Berbayar, masing - masing tentunya punya kelebihan dan kekurangan yang tentu saja akan mempengaruhi cara kerja Anda. Lalu pilih mana web gratisan atau berbayar ?.

Artikel ini akan mengupas lebih lanjut, mengenai keuntungan dan kekurangan diantara web gratisan atau berbayar. Silahkan Anda yang menentukan sendiri yang terbaik untuk Anda.

Web Gratisan.
Salah satu keuntungan yang paling jelas dari web gratisan sudah pasti tanpa biaya, seperti blogspot.com atau wordpress.com. Anda tinggal daftar di situs penyedia. Lakukan beberapa langkah... simsalabim ... Web milik Anda sudah jadi dan siap digunakan, tinggal mengisi kontennya saja.

Keuntungan lain dari web gratisan adalah tidak ada kerepotan untuk ngurusi desain, semua sudah tersedia, tinggal memilih yang Anda suka. Anda juga tidak dibatasi oleh kapasitas hosting, web gratisan sekarang ini menawarkan kapasitas tanpa batas (unlimited)

Beberapa kelemahan web gratisan yang cukup dominan adalah :

1. Anda tidak mungkin punya nama domain cantik, embel-embel nama domain dari situs penyedia akan tampil dibelakang pilihan nama unik web Anda, misalnya : namaanda.blogspot.com atau namaanda.wordpress.com.

2. Kurang mampu mendongkrak gengsi dari bisnis Anda, terlihat konyol kalau Anda menjual produk berharga jutaan dengan laba penjualan produk mencapai jutaan rupiah tapi tidak sanggup bikin web sendiri. Dari sisi marketing, kurang baik sebagai pencitraan merek maupun usaha Anda.

3. Anda dibatasi oleh fasilitas yang sudah disediakan, artinya Anda hanya maksimal pada fitur - fitur yang ditawarkan, desain web yang harus mengikuti template yang sudah disediakan.

Web Berbayar
Web berbayar yang saya maksud disini adalah Anda menyewa nama domain (seperti : johansurya.id) dan menyewa hosting untuk meletakkan data Anda (bicara mengenai domain atau hosting, nanti saya bahas di artikel terpisah). Jika ingin tahu harga domain dan hosting yang terbaik di Indonesia bisa cek di sini.

Kelebihan dari web berbayar sudah pasti lawan dari gratisan. Website dapat memiliki nama domain yang cantik sehingga mudah diingat dan dapat meningkatkan citra merek (brand). Anda dapat memodifikasi desain tampilan website sesuai keinginan maupun merubah isinya sesuka Anda.

Dengan memiliki web berbayar, maka Anda memegang kontrol penuh terhadap web Anda, sehingga pengelolaannya dapat Anda maksimalkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lalu pilih mana antara gratisan dan berbayar? Rekomendasi saya : Jika Anda serius menjadikan internet sebagai sarana media berbisnis maka opsi web berbayar adalah wajib. Web gratisan menurut saya hanya tepat digunakan sebagai web pribadi sebagai sarana aktualisasi diri.