fbpx

Twitter Adalah Sosial Media Terbaik

Twitter adalah sosial media terbaik ! Apakah pernyataan ini terlalu berlebihan ? Atau memang faktanya seperti itu. Apa yang membuat microblogging 140 huruf ini begitu powerful untuk berpromosi, berbisnis bahkan bisa ngobrol langsung dengan selebritis idola atau mungkin jika Anda beruntung maka dapat dijawab langsung oleh akun Twitter Presiden RI.

Twitter ini ibarat lapangan luas tanpa batas, semua akun di Twitter dapat terkoneksi langsung satu dengan yang lainnya tanpa perlu menjadi teman seperti Facebook. Kita bisa follow akun seseorang maupun brand terkenal untuk terus mengikuti info terbaru dan tercepat dari mereka, dan kita juga dapat melakukan conversation dengan mereka langsung, dan dapat juga dijawab oleh mereka.

Yuk dibedah kemampuan Twitter menyebar informasi :

> TWITTER
Tidak seperti Facebook yang mengharuskan seseorang untuk add friend atau Like untuk dapat mengikuti informasi dari sebuah akun. Kita dapat membaca timeline sebuah akun tanpa perlu menjadi follower (kecuali yang punya akun men-setting privacy timeline-nya menjadi private, tetapi berdasarkan pemantauan selama ini, belum pernah menemukan akun Twitter yang populer di-setting private), setting Private akan menjadikan status timeline sebuah akun Twitter hanya dapat dibaca oleh para follower-nya.

> FOLLOW & FOLLOWER
Fungsi  follow atau mengikuti sebuah akun di Twitter, dimaksudkan agar status akun tersebut tampil di timeline milik kita, sehingga kita selalu mendapat info yang disampaikan akun tersebut dengan cepat, sementara follower adalah akun Twitter lain yang mengikuti update status akun kita.

Men-follow banyak akun di Twitter akan membuat kita mendapat banyak informasi terbaru dari semua akun tersebut, dan sangat bermanfaat bila kita men-follow akun - akun yang penting bagi kita. Sementara itu jika kita memiliki semakin banyak follower, maka penyebaran informasi dari kita pun akan lebih cepat dan berdampak lebih besar pula.

Jumlah follow dan follower memang mempengaruhi kecepatan informasi ke dan dari kita, tetapi jangan ragu walaupun jumlah follow dan follower akun Twitter kita masih sedikit, karena seiring dengan kita sering membagi tweet - tweet yang bermanfaat bagi orang lain, maka jumlah follower pada akun kita akan semakin bertambah. Cara lain mendapatkan follower juga dapat dilakukan dengan melakukan beberapa pembicaraan yang menjadi topik hangat (trending topic) di Twitter atau coba - coba ngobrol deeh dengan selebritis, biar dikira orang lain, kita juga orang terkenal 😀 😀

> MENTION
Kita dapat me-mention akun twitter tanpa perlu menjadi follower, asalkan kita tahu nama akunnya, misal Anda dapat mention @AJohanSurya (akun Twitter milik saya) tanpa perlu menjadi follower saya. Fungsi mention untuk mengajak melakukan pembicaraan dengan akun tersebut atau juga dapat sekedar bertegur sapa atau bila ingin menawarkan promosi produk/jasa, kita tinggal menunggu saja balasan dari akun tersebut (boleh juga ngga dibalas looh).

> HASHTAG
Hashtag merupakan salah satu teknik menandai suatu kata dengan awalan simbol pagar (#), tujuan dari penandaan ini adalah memberikan penekanan secara khusus terhadap kata tersebut.

Misalnya kita akan menggunakan #Semarang, maka bila kita mencari (search) di twitter, maka semua posting yang terkait dengan kata #Semarang akan kita temukan di Twitter, termasuk update status milik kita yang menggunakan kata #Semarang. Hashtag juga dapat digunakan untuk menandai sebuah event khusus atau promosi bisnis, sehingga memudahkan pengguna Twitter lainnya untuk menemukan informasi tersebut. Misalnya untuk event Fortune Baking Festival 2013 di kota Semarang, kita dapat menemukan semua info kegiatan pameran tersebut pada #FBF2013SMG. Saya sendiri menggunakan hashtag #JohanSurya untuk setiap posting informasi yang saya lakukan di Twitter, sementara kalau membuat tweet konyol ngga saya hashtag 😀

Teknik menggunakan Hashtag ini, tidak hanya digunakan di Twitter, bahkan jejaring sosial media berbasis gambar seperti Pinterest & Instagram pun memanfaatkan Hashtag sebagai cara menandai sebuah kata. Nah bagi yang sudah memaksimalkan ketiga sosial media ini, tentunya hasil update informasinya akan langsung tersebar dengan cepat. (tambahan terbaru : Facebook-pun sudah menggunakan hashtag)

Dengan segala kelebihannya diatas, maka layaklah Twitter adalah sosial media terbaik untuk berbagi informasi dengan singkat dan cepat, jangkauan sebaran informasinya yang luas, serta paling pas buat mempromosikan produk/jasa maupun menjawab keluh kesah konsumen.