fbpx
membangun-bisnis-online-melalui-website

Website Murah, Akankah Sesuai Dengan Keinginan Anda?

Dewasa ini hampir merek produk/jasa berbondong - bondong membuat website dengan tujuan memiliki "Showroom Virtual" sebagai alat pemasaran yang berujung pada peningkatan penjualan produk/jasa. Hal ini mendorong bertumbuhnya web desainer mulai dari yang masih pemula sampai profesional. Berbagai varian harga desain website bermunculan yang akibatnya membingungkan Anda memilih web desainer yang benar dan dibayar sesuai dengan hasil kerjanya.

Apa Tujuan Anda Membuat Website?
Pertanyaan diatas jelas akan mengundang berbagai macam jawaban, tapi point utamanya barangkali hanya ada 3 jawaban dibawah ini :
* Sekedar gengsi perusahaan.
* Hanya sebagai alat menyampaikan informasi dari merek produk/jasa.
* Sebagai alat untuk meningkatkan penjualan.
* Karena harga penawaran yang murah meriah dari web desainer.

Apa saja Komponen Website ?
Sebagai orang awan sudah pasti Anda akan pusing tujuh keliling kalau mau dijelaskan semuanya satu persatu, saya ambil point - point pentingnya saja sebagai wawasan untuk Anda.

1. Desain Tampilan Web
Bicara "Desain Web" sama susahnya seperti bicara soal fashion, bagus atau tidak, nyaman atau tidak, murah atau mahal semuanya relatif, kembali pada bagaimana masing - masing individu mengukur menggunakan batasan - batasan yang ditentukan.

Desain Web bila dikaitkan dengan ilmu pemasaran & marketing, maka akan ada bahasan seperti : warna web sesuai dengan merek, segmentasi produk di kelas premium membuat web harus tampil mewah, membuat landing page atau desain halaman web yang mampu menarik pengunjung untuk berkeliling lebih dalam lagi di website Anda.

2. Perancangan Website
Website pada dasarnya ada 2 tipe : yang pertama yaitu web statis, model web seperti ini tidak secara regular mengalami penambahan isi web , biasanya hanya melakukan perubahan kecil pada isi web terkait dengan update info terbaru. Yang kedua adalah web dinamis, web jenis ini secara regular sering melakukan update info, isi dari website terus bertambah. Website dinamis membutuhkan Content Management System (CMS) dimana web aplikasi ini berfungsi mengatur semua isi web sesuai kebutuhan Anda. Trend website dewasa ini mengarah ke model web dinamis.

3. Fitur Website
Fitur didalam sebuah website bermacam macam, seperti : fitur keamanan website dari serangan tangan jahil, formulir bagi pengunjung untuk menghubungi Anda melalui email, fitur Yahoo Messenger (YM) untuk chatting online dengan calon konsumen, fitur tombol share ke sosial media, atau Anda ingin membenamkan fitur dari sosial media seperti Facebook Like Box atau timeline Twitter.

4. Analisa Data Website
Apa gunanya Anda memiliki website tetapi tidak mengetahui seperti apa kinerja website Anda. Data seperti jumlah trafik pengunjung per hari, demografik pengunjung, kata kunci (keyword) yang mengarah ke website Anda, web browser yang digunakan pengunjung ketika mengunjungi web Anda. Analisa dari data tersebut untuk menjadi referensi bagi Anda menemukan kekurangan/kelemahan website, atau mungkin mengurangi yang tidak diperlukan, serta menambahkan beberapa fitur baru agar website semakin maksimal

5. Domain Web & Hosting
Domain adalah nama unik url, seperti johansurya.id, Anda harus membeli domain sebagai alamat website.

Hosting adalah provider yang menyediakan ruang (dalam Megabytes) untuk meletakkan data - data mengenai website Anda, mekanismenya dengan cara membayar sewa ruang per tahun dengan besar biaya tergantung dari kapasitasnya, semakin besar jumlah Megabytes-nya semakin mahal.

Kualitas dan harga dari layanan Provider Hosting menentukan : server yang digunakan, kecepatan akses, stabilitas yang ujungnya adalah website Anda, tentunya Anda harus membayar lebih untuk teknologi server hosting terbaik bagi website bisnis.

6. Layanan Purna Jual Website
Ngga cuma produk yang terlihat secara fisik seperti laptop atau hape saja yang adĪ± layanan purna jual. Website pun merupakan sebuah produk yang harus memiliki layanan ini karena banyak dari Anda yang dipastikan tidak tahu dan mungkin hanya mengerti sedikit mengenai pemrograman website, akibatnya Anda jelas memiliki ketergantungan besar terhadap layanan dari web desainer Anda bila terjadi sesuatu terhadap website.

7. Solusi website untuk Anda.
Kebanyakan dari Anda yang ingin punya website, terutama pada UKM atau yang lagi coba - coba mau berbisnis lewat online (pebisnis pemula) adalah tidak tahu solusi website yang tepat untuk bisnisnya. Hal ini mendorong Anda lebih memilih website berharga murah karena Anda beranggapan untung - untungan atau karena ragu - ragu, apakah nanti web yang dibeli benar - benar berguna bagi bisnisnya.

Disinilah peran Web Desainer, mereka harus memberikan pandangan dan wawasan yang mereka miliki kepada Anda, sehingga tidak sekedar beli website murah yang ngga jelas dan akhirnya akan menjadi bencana untuk website bisnis karena fungsinya tidak berjalan dengan semestinya.

Dari 7 point diatas sedikitnya Anda telah mendapatkan gambaran bahwa website cukup kompleks, banyak komponen yang sebetulnya perlu dibahas, tetapi dapat saja dianggap hilang, sehingga biaya pembuatan website dapat ditekan dan terlihat murah, kemudian jika Anda ingin tambah dan menambah lagi fitur - fitur baru maka dikenakan charge yang pasti akan membuat biaya perancangan website menjadi mahal.

Perencanaan dan perancangan yang matang sejak awal menjadi opsi terbaik untuk Anda, biaya web desainer dapat saja menjadi mahal tetapi Anda akan mendapatkan sebuah website yang benar - benar bagus secara desain, tangguh dan aman dari hacker, serta bermanfaat sebagai showroom 24 jam bagi merek produk/jasa milik Anda.

Catatan saja : Website merupakan produk teknologi, dan masih berlaku hukum "Ada Harga Ada Kualitas"