Pengaruh Facebook Graph Search Bagi Bisnis Anda

Di tulisan saya sebelumnya pernah membahas Dampak Facebook Graph Search (FGS) terhadap akun pribadi, tapi apa pengaruhnya terhadap bisnis Anda ?. Facebook memanfaatkan koleksi database yang dihimpun dari lebih 1 milyar akun penggunanya, Facebook menggunakan data ini untuk program periklanan yang mereka jalankan selama ini. Lalu sekarang Facebook akan menggunakan data yang sama untuk digunakan pada fitur Facebook Graph Search. Jika Anda pemilik bisnis yang selama ini memanfaatkan Facebook buat jualan, barangkali Anda perlu bertanya - Apa gunanya fungsi ini pada bisnis saya ?

Facebook Graph Search (FGS) bukanlah data grafik atau gambar diagram yang menghubungkan 2 atau 3 faktor, tapi menyingkat dari kata "demographic" dimana data demografi dan aktivitas teman - teman Anda akan menjadi acuan utama fitur FGS

Pendiri Facebook menyatakan bahwa FGS berbeda dengan pencarian ala web, jika di web Anda mengetikkan kata kunci, kemudian search engine akan menampilkan data yang mungkin sesuai dengan yang Anda cari. Sementara FGS lebih spesifik, misalnya Anda mencari "restaurant di Semarang yang disukai oleh teman Anda" maka FGS akan memberikan data berdasarkan aktivitas teman - teman Anda di seputar restaurant yang berada di kota Semarang, sehingga memperkecil kemungkinan menampilkan data yang mungkin Anda cari.

Disinilah peran Page on Facebook (halaman bisnis) akan menjadi kekuatan utama berpromosi bisnis, Halaman yang memiliki basis penggemar lebih banyak dan AKTIF (saya memperbesar dan menebalkan kata "aktif") kenapa ? Karena ke-aktif-an atau keterikatan antara penggemar dengan Halaman (Page) adalah kunci utama, semakin sering penggemar menyukai posting atau berkomentar pada Halaman (Page) maka semakin besar pula kans halaman bisnis Anda tampil di Facebook Graph Search.

Tambahan saja bahwa Page on Facebook (Halaman) didesain Facebook sebagai sarana bagi penggunanya untuk melakukan aktivitas bisnis, sehingga banyak fungsi - fungsi untuk bisnis yang dikembangkan daripada akun personal.

Keputusan terserah Anda, masa depan bagi bisnis besar maupun UKM ataupun pebisnis pemula yang ingin memanfaatkan sosial media terutama Facebook sebagai sarana bisnis adalah dengan mengembangkan basis penggemar yang kuat dan AKTIF memberikan konten - konten bermanfaat bagi penggemar melalui Halaman (Page on Facebook).